Selasa, 18 Desember 2012

Tak bisa di pungkiri Kroto Semut Rangrang sangat dicari oleh para perternak burung atau yang sering di sebut Kicau Mania, yang sebelumnya kroto hanya di cari tapi sekarang kroto dapat di hasilkan sendiri dengan cara membudidayakan semut Rangrang. Pertanyaannya adalah bagaimana membudidayakan semut Rangrang??? bila ada usaha pasti akan ada hasilnya. Bagi para kicau mania sekarang gak usah khawatir akan kekurangan kroto, karena kroto sekarang dapat diternakkan. caranya??? mari kita bahas,...

Budidaya Kroto dengan Media Toples, apa saja yang harus di siapkan??? tentu saja rumah tempat sarang semut rangrang, yaitu dengan toples.

Sangat mudah sekali cara pembuatan sarang kroto menggunakan toples. Kalau teman ingin mencoba beternak atau membudidayakan semut rangrang. Cukup dengan menyediakan sebuah toples dan nampan. Sedangkan fungsi dari nampan adalah sebagai tempat untuk meletakkan toples. Tentunya nampan di isi dengan air. Supaya semut rangrangnya tidak lari kemana mana.

Selengkapnya sediakan alat sebagai berikut:

1. Toples

Untuk toples bebas ukuran, kalau bisa yang transparan. Lalu toples di lubangi seperti gambar di bawah ini untuk saluran keluar masuk semut rangrang dan sebagai tempat udara sarang kroto.

Add caption
Add caption





2. Nampan

Add caption


3. Solasi / plester coklat atau hitam, juga bisa menggunakan kertas.

Add caption


Fungsinya untuk menutupi toples agar semut rangrang cepat bersarang dan membuat jaring jaring. Setelah semut rangrang mau bersarang, bisa lepas solasinya atau bisa juga membiarkannya.

4. Batu bata atau yang lainya yang di taruh di atas nampan yang sudah berisi air sehingga toples tidak terendam air. 

Add caption

Semut Rangrang

Kita bisa mencari semut rang rang yang ada di pohon sekitar rumah. caranya???

Kendala pertama kali dalam membudidayakan atau ternak semut rangrang adalah ketika harus memindahkan sarang kedalam suatu tempat. Resikonya pasti akan digigit. Banyak sekali dari sekian cerita yang mengalami masalah ini.

Add caption

Add caption
Add caption
Ada banyak cara yang bisa sobat praktekan :

Cara Pertama:
  1. Potong batang sarang semut rangrang (tentunya akan sedikit mengalami kesulitan).
  2. Masukan kedalam karung / plastik / toples dan apa saja yang sekiranya ada celah / lubang udaranya.
  3. Siapkan ember plastik besar yang tepi nya sudah di kasih tepung. Supaya semut rangrang tidak bisa naik keatas.
  4. Masukan sarang kedalam ember plastik tersebut dengan #catatan harus di buka / buang daun daun beserta jaring jaringnya agar ketika bersarang membuat sarang baru tidak membawa jaring yang lama. Pengalaman kalau tidak di bersihkan nantinya toples akan terlihat kotor.
  5. Buat jembatan penghubung antara ember dengan toples dengan menggunakan sapu lidi atau penghubung yang lain (pastinya ada jembatanya) terserah mau pakai apa saja bisa.
  6. Setelah itu tingggal saja, tidak sampai satu hari semut rangrang akan bersarang secara alami.
#Catatan : toples sudah tersedia makanan dan minuman.

Cara ke dua:

Setelah sarang dimasukkan kedalam ember dan sudah di bersihkan dari daun beserta jaringnya. Sobat bisa langsung meletakan kedalam toples dengan menggunakan tangan. Tentunya tangan sudah ada pelindungnya.. Tidak sampai menunggu habis semut di dalam ember.

Bagaimana cara memberi makanan semut rangrang atau ternak kroto pada media toples. Makanan adalah bagian terpenting dan utama. Salah memberi makan akan mengakibatkan ternak kroto kita akan mengalami perkembangan yang kurang maksimal. Setelah mengetahui apa saja makanan yang harus di berikan semut rangrang. kali ini flodesta akan mencoba share cara memberi makanan pada semut rangrang dan sekaligus makanan tidak terbuang. Sehingga kita bisa memantau persedian makanan, apakah semut rangrang mau makan atau tidak. Tentunya untuk melatih semut rangrang untuk mencari atau berburu makanan sendiri walaupun sudah kita siapkan.

Add caption
Cara memberi makanan semut rangrang yang pertama adalah kita bisa buatkan tempat khusus untuk menampung makanan. Tempat makanan bisa terbuat dari botol plastik yang di potong kemudian sisakan sedikit kira kira kurang lebih 2 cm lalu letakkan di atas toples. Dimana penggunaan botol plastik adalah supaya makanan tidak keluar. Kususnya untuk makanan yang berjenis ulat ( hongkong, kandang dll). Untuk makanan yang bisa terbang atau meloncat seperti jangkrik dan belalang bisa di masukan langsung kedalam lubang toples atau bisa juga kita lumpuhkan dulu kemudian di masukan di tempat yang telah kita sediakan.


Add caption
Kemudian untuk cara memberi makanan yang menggunakan rak toples. Sebenarnya hampir sama seperti cara di atas. Cuma tempat makanan kita letak kan di samping toples. Karena dengan media rak , tempat untuk manaruh tempat makanan sangat luas di banding dengan menggunakan toples dengan tatakan nampan ( tempat sangat terbatas ).

Saat yang di nanti oleh teman flodesta yaitu cara panen kroto semut rangrang dari toples. Penantian yang menegangkan, karena harus berhadapan banyak semut rangrang. Siap di keroyok oleh gigitan dengan rasa yang sangat perih sekali. Misalkan harus digigit 1 semut saja, saya kira masih bisa di atasi. Tetapi bagaimana jika jumlah semut rangrang ratusan bahkan sampai ribuan.


Add caption

Add caption

http://flodesta.blogspot.com/
>>Salam Budidaya<<


5 komentar:

  1. mantap nie tips nya... saya mau coba mudah2an berhasil

    BalasHapus
  2. thanks mas bro, bermanfaat sekali,,,mantapssss

    BalasHapus
  3. Terimakasih atas kunjungannya mas... semoga bermanfaat.

    BalasHapus
  4. Makasih infonya bro, oya mau tanya :
    1.jenis makanan semut Rangrang apa aja ?
    2.masa panenya berapa lama ya ?
    3.apakah dengan ternak semut ini ada sebagian kroto yang kita biarkan untuk regenasi semutnya ?

    BalasHapus

Subscribe to RSS Feed Follow me on Twitter!